Peran Dan Fungsi Masjid

Thursday 25 September 2008

Masjid adalah rumah Allah yang dibina untuk memenuhi keperluan kehidupan kita bersama. Masjid mempunyai peran didalam memajukan peradaban umat Islam
Fungsi Masjid yang Utama

1. Sebagai tempat ibadah( Sholat, zikir, membaca Al quran, medekatkan diri kpd Allah)
2. Sebagai tempat pendidikan(Agama, umum, pengetahuan dan teknologi)
3. Untuk mempererat hubungan kekeluargaan masyarakat Islam (pembinaan remaja)
4. Sebagai sumber rujukan dalam memecahkan masalah dan pusat informasi (agen2 bantuan social, keuangan, perjodohan, nasehat, pekerjaan, pelatihan)
Salah satu pilar kemajuan peradaban Islam adalah amwal (wealth) atau ekonomi. Dalam hal ini, Ibnu Khaldun mengatakan �Ekonomi adalah tiang dan pilar paling penting untuk membangun peradaban Islam (Imarah). Tanpa kemapanan ekonomi, kejayaan Islam sulit dicapai bahkan tak mungkin diwujudkan. Ekonomi penting untuk membangun negara dan menciptakan kesejahteraan umat.

luas dan hebatnya fungsi masjid khususnya pada zaman Rasulullah dan sesudahnya disebabkan beberapa faktor. Pertama, tingginya tingkat kesadaran masyarakat/kaum Muslimin untuk berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan. Kedua, para pengurus/Pembina masjid mampu menghubungkan aktivitas masjid dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi sosialnya. Ketiga, tercapainya kesamaan visi, misi dan hati antara pemerintah/pemimpin dan rakyatnya, antara pengurus masjid, ustadz/khatib dan jamaahnya, untuk membangun semua bidang kehidupan. ''Semua itu merupakan kunci sukses untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat,''

Kemakmuran masjid tergantung pemimpinnya dan peran serta masyarakat
Ciri2 mereka yang memakmurkan masjid
“Sesungguhnya mereka yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. “ (At Taubah:18)

Ciri pertama ialah mereka ini beriman kepada Allah s.w.t, karena dengan keimanan sajalah akan mendorong seseorang itu untuk mendekati masjid.
Ciri kedua adalah mereka senantiasa mendirikan solat terutama sholat wajib di masjid
Ciri ketiga mereka yang memakmurkan masjid ialah golongan yang secara sedar dan istiqamah menunaikan zakat. Mereka tidak mengabaikan atau merasa terpaksa dalam melakukan tuntutan ini.
Ciri keempat orang yang memakmurkan masjid Allah ialah mereka ini tidak takut atau gentar pada sesiapun melainkan Allah s.w.t. Inilah ciri yang paling penting. Dalam kita membina, menyelenggara dan memakmurkan masjid, kita perlu lakukannya kerana Allah s.w.t semata-mata. Ikhlas untuk Allah. Bukan untuk manusia. Bukan untuk mendapat ganjaran dan pujian. Bukan juga karena takut akan ancaman dan cacian masyarakat. Apabila kita lakukan untuk Allah, Allah akan memberkati usaha kita.

0 comments:

Dunia Olah Raga

Sebuah Pencarian

Dunia Otomotif

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP